9 Manfaat Blewah Untuk Menu Buka Puasa Anda

 9 Manfaat Blewah Untuk Menu Buka Puasa Anda

Blewah menjadi buah populer yang sering muncul setiap bulan puasa Ramadan. Buah ini diplih sebagai minuman khas Ramadan, karena kesegarannya. Blewah menjadi salah satu menu buka puasa yang selalu tersedia. Penyajiannya biasanya dengan sirup dan buah-buahan segar lainnya.

Buah blewah yang bentuknya mirip buah melon tersebut banyak dijumpai di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ternyata dibalik kesegarannya, buah blewah juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Beberapa kandungan gizi pada buah blewah, seperti serat. zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Blewah cukup baik bagi pencernaan tubuh, karena bermanfaat untuk membuang racun dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Manfaat buah blewah juga dapat membantu tubuh dalam mencerna karbohidrat. Selain itu, makan buah ini juga bisa mencegah gejala sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan lainnya.

Berikut ini adalah 9 manfaat buah blewah untuk menjaga kesehatan Anda saat berpuasa.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Blewah

Manfaat buah blewah salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah blewah memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menurunkan darah tinggi.

Dengan demikian, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Kandungan potasium pada blewah dapat mengurangi pembentukan plak pada pembuluh arteri sebagai pemicu naiknya tekanan darah.

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat blewah bagi kulit adalah untuk mencegah kerusakan kulit. Pigmen karotenoid pada buah blewah bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Pigmen karotenoid juga membantu dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik hitam pada kulit. Mengonsumsi blewah dengan rutin akan membantu memperoleh wajah dan kulit tampak lebih muda.

3. Melancarkan pencernaan

Pada saat berpuasa, Anda perlu untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Blewah mengandung banyak air, sehingga mencegah terjadinya dehidrasi dan melancarkan sistem pencernaan.

Buah blewah mempunyai kemampuan untuk mendetoksi tubuh dan membantu usus dalam mencerna makanan secara lebih baik, karena kandungan seratnya yang tinggi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Blewah dikenal memiliki kandungan glukosa dan kalori yang rendah. Karena kandungan kalorinya yang rendah inilah, maka buah blewah dapat dijadikan pilihan untuk yang sedang menjalakan program diet. Mengonsumsi blewah secara rutin dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Blewah

Mata adalah salah satu organ tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Buah blewah memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A pada buah blewah juga berguna untuk mencegah radikal bebas akibat kondisi udara yang buruk.

6. Mencegah serangan jantung

Manfaat buah blewah selanjutnya adalah untuk mencegah serangan jantung. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah blewah dapat mencegah pembekuan darah dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Jika pembuluh darah normal, maka aliran darah ke jantung  menjadi lancar, sehingga terhindar dari risiko serangan jantung.

7. Menurunkan kadar gula darah

Selain mencegah serangan jantung, manfaat buah blewah lainnya, yaitu untuk menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi perlu diantisipasi pada saat berpuasa, khususnya untuk penderita diabetes.

Buah blewah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas. Kandungan fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam blewah merupakan gula sederhana yang alami dan aman bagi tubuh.

8. Mencegah maag

Buah Blewah

Maag bisa saja menyerang pada saat Anda menjalankan ibadah puasa. Maag adalah gejala berupa rasa nyeri dan panas pada lambung akibat sejumlah kondisi, misalnya lika terbuka dalam lambung (tukak lambung) dan infeksi bakteri.

Manfaat buah blewah adalah dapat untuk mengatasi sakit maag. Mengonsumsi buah blewah secara teratur dapat mengatasi sakit maag dan juga meningkatkan napsu makan.


9. Mengatasi insomnia

Manfaat buah blewah yang terakhir adalah untuk mengatasi insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Insomnia dapat mengganggu kualitas tidur Anda saat berpuasa.

Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Blewah memiliki sifat sedatif atau menenangkan, sehingga sangat bermanfaat untuk penderita insomnia.

No comments for "9 Manfaat Blewah Untuk Menu Buka Puasa Anda"