Tips Mudah Cegah Dehidrasi Saat Puasa

 Tips Mudah Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Dehidrasi sebisa mungkin perlu dihindari saat puasa. Saat berpuasa, tubuh bisa saja mengalami kehilangan banyak cairan, atau diistilahkan dengan dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kurang mengonsumsi cukup cairan untuk mengganti cairan yang hilang.

Idealnya, kandungan air di dalam tubuh manusia sehat adalah sekitar 70 persen dari  total berat badan. Kandungan air pada kadar yang ideal di dalam tubuh tersebut berfungsi untuk membantu proses metabolisme tubuh, misalnya proses pencernaan, proses pengeluaran zat sisa (ekskresi), dan transportasi nutrisi ke seluruh sel tubuh.

Gejala awal dehidrasi antara lain rasa haus, kepala pusing, mulut kering, merasa kelelahan, urine berwarna gelap dan pekat, serta kulit menjadi kering. Siapa saja dapat mengalami dehidrasi apabila terlalu banyak kehilangan cairan di dalam tubuhnya, baik orangtua, anak-anak, maupun bayi sekalipun.

Ketika puasa, tubuh tidak menerima cairan selama kurang lebih 12 jam. Selain itu, aktivitas yang dilakukan terutama di luar ruangan, akan lebih meningkatkan beresiko terkena dehidrasi.

Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Dehidrasi selama melakukan ibadah puasa bukanlah merupakan jenis dehidrasi yang berbahaya. Akan tetapi, apabila mengalami hal tersebut, tentu akan menghambat aktivitas mengingat gejala yang ditimbulkan akibat dehidrasi ini cukup banyak dan berat.

Berikut ini beberapa tips cegah dehidrasi saat puasa yang dapat Anda praktekkan, sehingga ibadah puasa yang dijalankan dapat berjalan lancar tanpa mengalami gangguan dehidrasi.

1.  Perbanyak minum air putih dan hindari kafein

Manfaat Air Putih

Tips yang pertama untuk cegah dehidrasi saat puasa, yaitu hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein. Kopi dan teh  merupakan minuman mengandung kafein.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine dan memaksa Anda untuk sering buang air kecil. Terlalu banyak kafein justru akan mengakibatkan rasa haus meningkat.

Sumber cairan terbaik adalah air putih. Air putih selain banyak mengandung mineral, juga tidak memberikan resiko apa pun di kemudian hari. Meminum air putih yang cukup selama berpuasa akan dapat menghindarkan dari resiko dehidrasi.

2.  Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan Sayur

Tips cegah dehirasi saat puasa yang berikutnya adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur, baik pada saat buka puasa maupun sahur. Buah dan sayuran telah terbukti memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, buah dan sayuran memiliki nilai gizi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Pilih buah yang memiliki kandungan air dan serat tinggi untuk dikonsumsi pada saat buka puasa maupun sahur, misalnya semangka, melon, dan pir.

Untuk sayur juga demikian, dipilih yang memiliki kadar air tinggi, bervitamin, dan kaya serat, misalnya bayam, wortel dan brokoli. Ketiga sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Perbanyak minum di malam hari menjelang sahur

Manfaat Air Putih

Tips selanjutnya untuk cegah dehidrasi saat puasa adalah dengan memperbanyak minum di malam hari, khususnya menjelang waktu sahur. Anda bisa menyempatkan diri untuk minum air terlebih dahulu sebelum tidur malam.

Jika Anda terbangun pada malam hari, dapat juga menambah asupan cairan ke tubuh dengan minum air. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan suplai cairan sebelum tubuh Anda kehilangan cairan tersebut selama berpuasa.

4. Hindari paparan sinar matahari

Paparan Sinar Matahari

Menghindari paparan sinar matahari dapat menjadi tips efektif untuk cegah dehihrasi saat puasa. Suhu panas tubuh akibat terkena sengatan sinar matahari akan membuat kulit mudah berkeringan, sehingga tubuh menjadi kehilangan banyak cairan.

Selama puasa, kurangi aktivitas di alam terbuka pada siang hari yang panas. Usahakan berada pada lingkungan atau lokasi yang teduh serta sejuk, sehingga tubuh tidak banyak kehilangan cairan.


5. Hindari makanan yang asin atau pedas

Tips cegah dehidrasi saat puasa yang terakhir adalah menghindari mengkonsumsi makanan yang terlalu asin atau pedas terutama pada waktu sahur. Makanan asin dan pedas akan meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air.

Mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan pedas saat sahur, akan membuat tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan kadar sodium. Hal ini berakibat Anda merasa lebih haus sepanjang hari.A

No comments for "Tips Mudah Cegah Dehidrasi Saat Puasa"